Thursday, November 15, 2012

Pengaruh Sepasang Patung Singa Pada Rumah



“Budaya memasang patung singa di teras depan sebuah gedung tidak hanya monopoli bangsa Cina kuno, tetapi bangsa Mesir, Yunani, Roma dan lainnya.”

Bahkan ada yang meyakini bahwa dengan meletakkan sepasang patung singa di depan pintu rumah maka keluarga tersebut bisa menarik lebih banyak hawa rezeki. Tetapi inti sebenarnya dari pemasangan patung singa adalah untuk simbol kewibawaan dan simbol status sebuah keluarga.



Ragam Patung Singa
Pemasangan patung singa harus sepasang, masing-masing berkelamin jantan dan betina. Yang jantan terletak di posisi kiri pintu, biasanya kaki depannya memegang mustika dalam wujud bola. Sedangkan yang betina posisinya di sebelah kanan, selalu disertai dengan singa kecil anaknya. Formasi ini merupakan penjabaran dari konsep yin dan yang.

Pemasangan patung singa yang tidak berpasangan sangat dipantang dalam penjabaran feng shui. Karena mempunyai lambang pengaruh yang tidak baik. Dikhawatirkan salah satu pasangan suami istri tidak berumur panjang.
Konsep : petak bumi dari Jawa, juga mengenal budaya yang memiliki simbolis seperti patung singa di atas namun wujudnya adalah sepasang raksasa bernama Dwarapala yang membawa senjata gada. Yang kiri melambangkan unsur kebaikan dan yang di posisi kanan melambangkan unsur kejahatan, merupakan unsur kekuatan yin dan yang, sang positif dan negatif, yaitu wujud kekal dari kehidupan. Patung Dwarapala juga berfungsi sebagai malaikat pintu dari budaya Hindu Jawa.

Patung singa, biasanya dibuat dalam posisi duduk dengan kepala setengah menengadah ke atas dengan arah masing-masing ke posisi dalam dari jalan masuk ke rumah. Biasanya diletakkan di atas batu yang berbentuk meja sehingga posisi kepalanya dapat tetap menatap orang. Seakan mengawasi dan menyelidiki orang yang mau masuk ke rumah.
Bahan pembuatan patung singa ini ada yang terbuat dari perunggu, besi maupun dari batu pualam. Tetapi umumnya terbuat dari sebongkah batu gunung yang besar.

Tata letak singa
Bagi Anda yang memiliki sepasang patung singa yang wujudnya kecil, bisa saja merupakan barang hiasan atau memang ada tujuan tertentu. Maka tata cara peletakan yang harus dimengerti adalah :

  • Unsur jati diri singa dalam konsep lima unsur adalah logam (bersifat aktif). Maka peletakkan yang terbaik ada di posisi barat laut yang juga berunsur logam positif.
  • Arahnya harus menghadap ke luar rumah. Meskipun letaknya di dalam rumah..
  • Patung singa walau hanya sekadar hiasan, posisi mulutnya jangan mengarah ke pintu kamar. Karena diyakini dapat menghisap kekuatan hidup pemilik kamar.