Saturday, November 17, 2012

Fengsui Bisnis


Fengshui untuk bisnis dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu fengshui toko, fengshui gedung perkantoran dan kantor, fengshui workshop dan pabrik, fengshui restaurant, fengshui penginapan dan hotel, dan fengshui yang menyangkut bisnis jasa lainnya.

Bagi seorang bisnismen, tujuan yang paling penting adalah mencari keuntungan materi, yaitu uang. Bisnis dengan resiko kematian, ada saja yang mengelutinya, sedangkan bisnis yang merugikan jelas tidak ada yang mau mengerjakan. Karena itu, segala persyaratan harus ditata sebaik mungkin, termasuk fengshui.

Mendirikan perusahaan harus memperhatikan nama dan logo perusahaan, demikian juga pemilihan hari baik untuk peresmian juga sangat penting. Jika semuanya baik dan seimbang, barulah dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

Hal yang paling penting dalam fengshui adalah arah pintu utama, tentu saja ini juga berlaku untuk semua bangunan termasuk toko, selain itu kita perlu memperhatikan posisi ruang kantor dan arah pintu kantornya, tempat kasir dan posisi mesin kasir, terakhir baru mutu SDM.

Gedung perkantoran dan ruang kantor saling bertalian, pintu utama gedung perkantoran harus baik, lift dan elevator harus dapat mengangkut energi Qi ke setiap lantai gedung, dan medistribusikannya kesetiap ruang kantor yang ada, akses jalan dalam ruangan harus rapi, pintu ruang kantor harus dapat menyambut Qi dan menyambungnya ke setiap bagian, membuat setiap sudut ruang hidup bergelimangan Qi baik.

Setiap bagian suatu perusahaan, harus ditata sesuai dengan prinsip fengshui, agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Tentu saja pemilik perusahaan harus berada ditempat terbaik, bagian pengembangan pasar harus berada di tempat yang dapat membangkitkan semangat juang orang yang berada di tempat tersebut, bagian sales harus ditempatkan pada posisi yang mudah memenangkan persaingan, bagian administrasi dan akuntansi harus berada di tempat yang menguatkan konsentrasi, dan seterusnya. dengan penataan yang baik, segala sesuatu akan lancar dan mendatangkan keuntungan berlimpah.

Hal yang harus diperhatikan fengshui pabrik adalah gerbang keluar masuk bahan baku dan bahan jadi, pintu keluar masuk karyawan, posisi mesin-mesin utama, mesin yang menghasilkan suhu tinggi, tidak boleh di letakkan di tempat dengan bintang api terkonsentrasi, karena akan mudah terjadi kebakaran, mesin yang membutuhkan air dalam jumlah besar harus ditempatkan di tempat yang bintang airnya sedang baik, dengan demikian baru dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Tentu saja penataan tersebut harus sesuai dengan urutan kerja procesin dalam pabrik, kedua sistim harus bisa saling dukung mendukung, barulah bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Fengshui untuk restourant menitik beratkan pada letak pintu, kasir, posisi dapur, pintu keluar sayur, penempatan sistim air, bagian jus dan minuman dan bagian bakar-bakaran, tentu saja juga posisi kantor pemilik atau managernya. Satu hal lagi yang tidak dapat dilupakan begitu saja adalah, bisnis rerstourant berhubungan dengan entertainment, karena itu penataan fengshui harus dapat membangkitkan sisi ini, baru dapat mencapai hasil yang baik.

Bisnis-bisnis lainnya yang berhubungan dengan seni dan entertain, penataan fengshui berhubungan erat dengan komposisi bunga persik yang terbentuk oleh angka loushu, namun titik beratnya tetap terletak pada pintu utama, meja penerima tamu, mesin kasir dan letak ruang kantor pemilik atau managernya.

Ada satu hal yang sangat penting, ketika mengembangkan komplek hunian atau pun isdustri baru, kita harus memperhatikan penataan fengshui jaringan jalan dan aliran air, pekerjaan ini disebut menyambung nadi naga, sehingga energi fengshui dapat bekerja dengan baik. Hal lain yang harus diperhatikan dalam merancang landscap proyek besar adalah dimana titik berat sistim harus diletakkan, agar dapat mengendalikan sistim dan mencapai hasil yang mencengangkan.